en id

Berita

TKI Mudik Mulai Padati Bandara Juanda

24 Jul 2014

kembali ke list


Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang ke kampung halamannya di Indonesia sudah mulai memadati Bandara Juanda, Surabaya, pada H-5 Lebaran, Rabu (23/7/2014). Selama tiga hari terakhir, jumlah TKI yang mudik melalui terminal kedatangan internasional Bandara Juanda mengalami peningkatan hingga 75 persen.

TKI tersebut berasal dari berbagai kabupaten di Jawa Timur. Kebanyakan dari mereka yang mudik adalah WNI yang bekerja di Malaysia, Singapura, Hong Kong dan Taiwan. Mereka rata-rata mudik ke kampung halaman selama dua minggu hingga dua bulan.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura 1 Bandara Juanda dan kantor Imigasi, selama tiga hari terakhir tercatat ada sekitar 750 TKI yang mudik ke tanah air lewat Bandara Juanda. Angka ini naik 75 persen dibanding hari-hari biasa.

"Saya sudah 10 tahun bekerja di Malaysia dan setiap lebaran saya usahakan pulang," kata Yani (40) salah satu TKI asal Kediri saat ditemui di Bandara Juanda.

Para TKI banyak yang sengaja mudik lebih awal sepekan sebelum waktu Idul Fitri 1435 H tiba agar bisa lebih lama bersama keluarga di kampung halaman. Diperkirakan puncak mudik para TKI ini akan terjadi pada H-3 jelang Lebaran.