en id

Berita

Puncak Arus Mudik di Juanda Diperkirakan Terjadi H-2

27 Jul 2014

kembali ke list


Puncak arus mudik di Bandara Juanda diperkirakan terjadi hari ini atau H-2. Ribuan calon penumpang dari pagi hingga siang sudah membludak di selasar check in atau boarding pass.

Menurut Trikora Harjo, General Manager PT Angkasa Pura 1, lonjakan penumpang memasuki H-2 di Juanda kali ini cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 51 ribu penumpang.

"untuk tahun ini pada H-2 bisa diprediksi mencapai 55 ribu calon penumpang yang melakukan mudik, baik di domestik maupun internasional," kata Trikora kepada detikcom, Sabtu (26/7/2014).

Orang nomor satu di PT Angkasa Pura 1 tersebut menambahkan, calon penumpang yang melakukan mudik lebaran menggunakan transportasi udara di Bandara Terminal Juanda dari tahun ke tahun masih di dominasi tujuan Jakarta, Makasar, Balikpapan, dan Samarinda.

"Banyaknya calon penumpang ini terjadi karena orang yang bekerja baik dari PNS maupun pegawai swasta sudah banyak cuti lebaran pada hari ini (Sabtu)," terang dia.

Padatnya jumlah penumpang pada H-2 ini, secara otomatis mengatrol harga tiket pesawat. Namun sebagian calon penumpang masih ada yang mendapatkan tiket murah karena calon penumpang sudah membeli tiket beberapa bulan sebelum lebaran.

"Saya membeli pada April lalu untuk tujuan Surabaya-Ambon dengan harga Rp 1,5 juta," ujar Emilia Baharesa, salah seorang calon penumpang asal Surabaya yang akan berangkat ke Ambon