en id

Berita

Pemudik Asal Luar Negeri Belum Terjadi Peningkatan

27 Jul 2014

kembali ke list


Puncak arus mudik di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur mengalami kenaikan cukup signifikan hari ini, Sabtu (26/7). Bahkan, diprediksi, peningkatan jumlah penumpang pesawat di bandara yang berada di kawasan Sedati, Sidoarjo itu, akan terjadi hingga Minggu besok (27/7) atau H-1 Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah.

Pantauan di lapangan, hingga menjelang Magrib, jumlah penumpang pesawat di Bandara Juanda itu, khususnya penumpang di terminal kedatangan terus meningkat.

Antrean taksi yang keluar-masuk bandara, juga terlihat memadati ruas jalan di depan terminal kedatangan. Ratusan unit taksi yang berjajar, cukup sabar menanti calon penumpangnya, yang baru turun dari pesawat.

Data di Posko Mudik Bandara Juanda, pada H-4 lebaran, mencatat sekitar 177 pesawat domestik. Jumlah ini, naik 1 persen dibanding tahun lalu (2013).

Untuk jumlah penumpang domestik yang turun dari Bandara Juanda (kedatangan), tercatat sekitar 29.857 penumpang atau naik 16 persen. Sementara jumlah penumpang naik atau yang meninggalkan Surabaya, mencapai sekitar 19.174 ribu penumpang, atau naik 16 persen dibanding tahun 2013.

Lonjakan jumlah penumpang pesawat, baik yang turun maupun yang naik di Bandara Juanda ini, terus mengalami peningkatan hingga H-2 lebaran, hari ini. Dan diprediksi akan terus meningkat hingga Minggu besok atau pada H-1 lebaran.

Sementara hingga Sabtu sore tadi, total jumlah penumpang, baik yang turun maupun yang naik, diprediksi lebih dari 55 ribu penumpang.

Pemudik sendiri, kebanyakan dari calon penumpang tujuan Surabaya-Jakarta, atau sebaliknya, Jakarta-Surabaya, Surabaya-Balikpapan, Samarinda, dan Ujung Pandang, dan atau sebaliknya, yaitu penumpang pesawat dengan tujuan Surabaya.

"Lonjakan penumpang pesawat di Bandara Juanda ini, diprediksi lebih dari 55 ribu calon penumpang, baik domestik maupun internasional," kata General Manager PT Angkasa Pura I, Trikora Harjo.

Dibanding tahun lalu, lanjut dia, lebaran tahun ini, jumlah penumpang naik cukup signifikan. "Tahun lalu hanya sekitar 51 ribu penumpang di hari yang sama, tahun ini, bisa mencapai sekitar 55 ribu penumpang," tandas dia