en id

Berita

PEMBUKAAN POSKO TERPADU ANGKUTAN NATAL 2015 & TAHUN BARU 2016

18 Dec 2015

kembali ke list


Jumat, 18 Desember 2015 dilaksanakan pembukaan posko terpadu di Terminal 2 Bandara Juanda. Kegiatan posko Monitoring Lalu lintas angkutan udara Natal 2015 & Tahun Baru 2016 akan diselenggarakan selama 22 hari dari H-7 Natal s.d. H+7 Tahun Baru, yaitu tanggal 18 Desember 2015 s.d. 08 Januari 2016. Selama masa Monitoring akan dibentuk Posko Terpadu yang merupakan satuan kerja bersama antara PT Angkasa Pura I (Persero) bersama Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, TNI/POLRI, CIQ, KKP  dan Airline/Ground Handling, yang akan menjamin kelancaran dan keamanan selama  proses monitoring Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 berlangsung. Posko Terpadu akan ada di dua Terminal yakni Terminal 1 dan Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. 

Motto Pelayanan Posko Terpadu adalah Tertib, Lancar, Aman, Nyaman dan Terjangkau. dengan Memperhatikan Keselamatan. Fokus pelayanan pada Sisi Udara adalah Pengaturan lalu lintas pesawat udara, Pengaturan parkir pesawat, Kesiapan fasilitas keselamatan penerbangan, Pengaturan dan  pengawasan lalu lintas orang dan kendaraan serta Peralatan yang melayani pesawat udara, pada Sisi darat fokus pelayanan pada Parkir kendaraan, Pengaturan lalu lintas Kendaraan, Penanggulangan calo tiket, Penertiban ojek, pedagang asongan dll.  Sedangkan pelayanan terminal fokus penanganan pada Ruang check-in, Ruang tunggu, Ruang kedatangan, Kebersihan dan Toilet. 

"Bandara juanda mendukung penuh kegiatan Posko natal tahun baru untuk memberikan rasa nyaman dan kemanan kepada pengguna jasa penerbangan. Kegiatan posko terpadu didukung oleh semua stake holder terkait di bandara juanda" ucap General Manager Bandara Juanda Bp Yuwono

Cuti bersama Natal dan Peringatan Hari Natal jatuh pada Hari kamis dan jumat, mengakibatkan long weekend. Liburan natal dan tahun baru ini akan berbarengan dengan libur sekolah yang akan berlangsung pada akhir Desember s.d. awal Januari. Selain itu beberapa perusahaan swasta di Surabaya memberikan libur bersama selama Natal sampai dengan Tahun Baru. 

Pergerakan pesawat diperkirakan akan terjadi peningkatan yang tidak signifikan dengan pemantuan Tahun lalu yakni sebesar 1,5% %, sedangkan pergerakan penumpang diperkirakan akan meningkat sebesar 3,4% %.

Diperkirakan penumpang akan selalu  padat sepanjang masa monitoring lalu lintas angkutan Natal & Tahun Baru 2015, dikarenakan bersamaan dengan masa liburan sekolah. Puncak-puncak  kepadatan penumpang diperkirakan akan terjadi pada 18  19 Desember 2015 awal masa liburan sekolah, 23 Desember awal cuti bersama dan 03  04 Januari 2016 akhir masa liburan sekolah dan libur natal tahun baru.

Perkiraan kepadatan penumpang pada puncak kepadatan arus natal dan tahun baru dengan jumlah 61.600 penumpang / hari. Dengan perbandingan penumpang domestik sejumlah 55,500 dan penumpang internasional sejumlah 6.100.

Sampai dengan hari ini pada penerbangan Domestik ada 3 masakapai yang  telah mengajukan penambahan rute domestik adalah Sriwijaya Air 1 flight tujuan ujung pandang, Nam Air 1 flight tujuan denpasar dan Air Asia 1 flight tujuan denpasar .