en id

Berita

Pantau Jalur Mudik, SBY Kunjungi Posko Angkutan Lebaran

25 Jul 2014

kembali ke list


Pemerintah berusaha memastikan mudik lebaran tahun ini berjalan lancar tanpa kendala. Kamis sore (24/7), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan kunjungan ke Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2014 di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Orang nomor satu di Indonesia itu melakukan pantauan di sejumlah titik jalur mudik, mulai dari Sumatera, Jawa, sampai Sulawesi.

SBY datang pada pukul 15.30. Ikut mendampingi presiden antara lain, Wapres Boediono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Perhubungan E.E Mangindaan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

SBY dan rombongan langsung masuk ke ruangan posko yang berada di lantai 7 Gedung Kemenhub. Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono lantas menunjukkan situasi arus mudik di 45 titik yang diprediksi macet lewat kamera CCTV. Di antaranya, Simpang Jomin, Pelabuhan Merak, serta Jembatan Comal.

Presiden pun sempat menanyakan progress pembangunan jembatan di Pemalang, Jawa Tengah itu. ”Progresnya Comal bagaimana?” tanya SBY.

Bambang mengatakan, jembatan sudah bisa dilewati oleh kendaraan pasca dilakukan perbaikan. Namun, hanya mobil pribadi dan kendaraan roda dua yang diizinkan melintas di Jembatan Comal. ”Sudah bisa dilewati namun hanya kendaraan ringan,” jelasnya.

Usai memantau CCTV, presiden mengadakan dialog dengan 10 titik arus mudik. Di antaranya, Bandara Juanda (Surabaya), Pelabuhan Merak (Banten), Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi), dan Pelabuhan Batam. Selain itu juga Pelabuhan Sampit, Bandara Sultan Hasanuddin (Makasar), Stasiun Gubeng (Surabaya), Terminal Tirtonadi (Solo), Stasiun Balapan (Solo), dan Pelabuhan Kumai (Pangkalan Bun).

Dalam teleconference itu, SBY mengatakan bahwa momen mudik hanya sekali dalam satu tahun. Untuk itu, dia mengimbau petugas untuk melayani dengan sebaik-baiknya. ”Pelayanan terbaik harus diutamakan. Meskipun puasa harus sabar,” jelasnya.