en id

Berita

Membandingkan Bandara RI dengan Negara Tetangga

09 Mar 2014

kembali ke list


Jakarta -Kondisi infrastruktur dan pelayanan sebagian besar bandara di Indonesia masih belum sempurna. Sebut saja bandara Soekarno-Hatta yang banyak mendapatkan keluhan dari para penumpang karena ketelambatan jam penerbangan, akibat lalu lintas pesawat yang padat, serta ruang tunggu penumpang yang semakin sesak.

Bila dibandingkan dengan negara ASEAN seperti Malaysia dan Singapura, rata-rata bandara di Indonesia tidak mampu berbicara banyak. Bahkan kualitas bandara di Vietnam jauh lebih unggul daripada bandara di Indonesia.

"Vietnam sekarang sudah bagus, kita jauh ketinggalan apalagi dengan Malaysia dan Singapura," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi kepada detikFinance, Sabtu (8/03/2014).

Sofjan menambahkan, kualitas bandara di Indonesia hanya sedikit lebih maju dari negara Filipina. "Kita sedikit lebih unggul dari Filipina," imbuhnya.

Sementara itu beberapa bandara di Indonesia yang dinilai cukup baik bila dilihat dari aspek infrastruktur dan pelayanan hanya ada dua yaitu Bandara Sultan Hassanuddin di Makassar dan Bandara Juanda di Surabaya.

"Bandara yang baik di kita itu ada di Makassar dan Surabaya," sebutnya.

link : http://finance.detik.com/read/2014/03/08/165700/2519926/4/1/membandingkan-bandara-ri-dengan-negara-tetangga