en id

Berita

Beroperasinya Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya

24 Feb 2014

kembali ke list


Hari ini Jumat 14 Februari 2014 Terminal baru Bandara Juanda Surabaya yakni Terminal 2 secara resmi beroperasi. Penerbangan perdana dari Terminal Baru ini adalah dari Garuda Indonesia GA-631 tujuan Makasar dengan jadwal pukul 5:25 WIB.  Dalam penerbangan perdana ini akan dihadiri oleh Management PT Angkasa Pura I dan MUSPIDA Tingkat 1 dan 2

Dengan beroperasinya Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Penerbangan yang pindah ke terminal baru ini adalah Penerbangan Domestik maskapai Garuda, Air Asia dan Tiger Mandala. Untuk penerbangan Internasional adalalah maskapai Lion Air, China Airlines, Singapore Airlines, Eva Air, Cathay Pacific, Jet Star / Value Air.

Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya memiliki luas  49.500 m2 dan menampung 6 Juta penumpang per tahun. Terminal 2 Juanda akan menjadi bandara di Indonesia yang mengadopsi konsep Meeting Point yang dimana penumpang dan penjemput bisa masuk ke lokasi tenant di bandara.  Fasilitas pemeriksaan (Screening Check Point) juga akan dibedakan antara penumpang laki-laki dan perempuan.  Fasilitas air minum yang langsung dapat dinikmati oleh penumpang dan pengantar.  Adanya sistem bagasi  yang lebih moderen akan mempermudah penumpang di Terminal 2 Bandara Juanda.

“Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya merupakan wujud upaya PT Angkasa Pura I untuk mewujudkan terminal baru berkelas Internasional dan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh penguna jasa,” kata Trikora Harjo Bandara GM Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Dengan kapasitas Terminal 1 yang 6 JPT (juta penumpang per tahun), Bandara Internasional Juanda Surabaya telah mengalami over capacity dengan total 17,662,593 penumpang di tahun 2013 dengan peningkatan 15 % selama tahun 2009-2013. Sehingga untuk memenuhi kapasitas terminal, maka dilakukan pemanfaatan kembali terminal lama Bandara Juanda.

Mega proyek ini menelan anggaran Rp 946 miliar, terbagi dalam pembangunan terminal domestik senilai Rp 460 miliar dan terminal internasional sebesar Rp 486 miliar. Tender tahap I pembongkaran konstruksi lama dan pembangunan gedung utama terminal domestik dimenangkan PT Waskita Karya.  Selain itu guna meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna jasa, PT Angkasa Pura I melakukan kolaborasi strategis dengan Bandara Incheon Korea Selatan. Kolaborasi salah satunya dalam mengusung konsep baru bagi areal penyewaan komersial di kompleks bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Surabaya, 14 Februari 2014

Andrias Yustinian

Communication & Legal Section Head