en id

Berita

Bandara Juanda Raih Excellence Service Experience Award (ESEA) 2014

05 Feb 2014

kembali ke list


JAKARTA - Pada awal tahun ini prestasi kembali ditorehkan oleh Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Bandara kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) ini berhasil memperoleh penghargaan Excellent Service Experience Awards (ESEA) 2014 yang diselenggarakan lembaga riset independen Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL), sebuah konsultan di bidang service dan customer satisfaction. Penghargaan yang berhasil diraih Bandara Juanda terkait pelayanan terhadap pelanggan dinilai melalui survei dan penilaian langsung (mystery shopping). Malam penganugerahan penghargaan “Excellent Service Experience Awards“ (ESEA) 2014 digelar di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (4/2).
“Excellent Service Experience Awards“ (ESEA) 2014 diberikan sebagai apresiasi kepada para pelaku service industries. Penghargaan ini berdasarkan survei dan penilian langsung (Mystery Shopping) yang dilakukan secara acak di Jakarta dan Surabaya  dengan lebih dari 1000 kunjungan.
Bandara Juanda dalam survei ini berhasil meraih nilai Indonesian Service Experience Index (ISEI) 80.057 (excellent).  Aspek penilaian ISEI ini terdiri dari tiga dimensi utama, yaitu Customer Sense Experience, Customer Emotional Experience, dan Customer Problem Solution Experience. Customer Sense Experience adalah penilaian berdasarkan kriteria kenyamanan fisik yang diterima oleh penguna jasa antara lain berupa kebersihan, kerapihan, dan tersedianya lahan parkir memadahi. Customer Emotion Experience adalah mengevaluasi kualitas layanan berdasarkan kriteria suasana positif yang dirasakan pelanggan antara lain berupa kemudahan mengakses layanan, keteraturan antrian , kesigapan dan keramahan petugas. Sedangkan Customer Problem Solution Experience mengevaluasi kualitas layanan berdasarkan pemberian win-win solution dan product knowledge.
“Penghargaan ini menunjukan bahwa tujuan Angkasa Pura I untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan telah memenuhi apa yang diharapkan oleh para pengguna jasa bandara,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Juanda Trikora Harjo.

Sebelumnya, Bandara Juanda juga meraih penghargaan sebagai ASEAN Airport of The Year dalam ajang ASEAN Commercial Aviation Awards Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2013, Best Performing Indonesian Airport of The Year dalam Frost & Sullivan Aerospace Award 2013.  Selain itu Bandara Juanda meraih gelar sebagai  The Best Airport dalam ajang  Bandara Awards  tiga tahun berturut-turut dari tahun 2011-2013.